TUGAS
BAHASA INDONESIA 2
PROPOSAL
PENELITIAN
NAMA :
MUHAMMAD YUSUF SAFRIYANTO
NPM :
15111012
KELAS :
3KA06
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2013/2014
APLIKASI PONSEL BERBASIS
ANDROID UNTUK PENJUALAN PULSA
PADA KIOS YURIKE
BAB 1
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang Masalah
Sudah
kita ketahui bahwa perkembangan teknologi seluler saat ini semakin pesat hanya
dengan sebuah telepon seluler kini kita dapat melakukan banyak hal dan juga
yang sekarang sering digunakan adalah untuk menjalankan aplikasi-aplikasi mobile
sebagai sarana hiburan, jejaring sosial ataupun sebagai media untuk mendapatkan
dan mengolah data informasi. Salah satu sistem operasi yang saat ini semakin berkembang
adalah Android bisa dipastikan, jumlah perangkat berbasis Android yang berada di
tangan pengguna di Indonesia bakal bertambah secara signifikan dengan semakin
berkembangnya perangkat mobile serta teknologi yang menyertainya akan
sangat berpengaruh pada perkembangan aplikasi mobile.
Perkembangan
aplikasi mobile tersebut akhirnya memberikan dampak pada berbagai bidang
kehidupan kita. Salah satunya adalah bidang perdagangan, namun pada bidang
perdagangan biasanya teknologi hanya diterapkan pada suatu hal yang besar,
seperti pada toko-toko besar, minimarket, supermarket, dan lain sebagainya.
Dan jarang digunakan pada perdagangan retail atau, seperti kios eceran, warung-warung
kelontong, dan lain sebagainya. Padahal kios-kios eceran tersebut juga butuh
laporan pendapatan tiap bulannya.
Sebagai
contoh, pada sebuah kios pulsa YURIKE, saat berlangsungnya transaksi, pemilik
kios pulsa tersebut akan menghitung total tagihan dari pulsa
yang
dibeli pelanggan dengan menggunakan kalkulator. Hal ini tentu bukan masalah
jika
pulsa
yang dibeli sedikit, tapi jika pulsa yang dibeli banyak tentu akan membutuhkan
proses yang cukup lama memakan waktu berdasarkan dari latar belakang di atas,
maka penulis mencoba mengembangkan teknologi aplikasi ponsel yang berbasis
Android dengan membuat suatu aplikasi penjualan pulsa .Dengan adanya aplikasi
ini, pemilik kios pulsa YURIKE akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan
transaksi jual-beli dengan pelanggannya
1.2
Identifikasi Masalah
Sesuai
dengan latar belakang yang telah dijelaskan, maka penulis akan menguraikan
pokok-pokok masalah yang dikaji dalam aplikasi penjualan berbasis android
Sejahtera flower adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana
penerapan prosedur yang membentuk sistem yang digunakan dalam sistem penjualan
berbasis android di YURIKE
2. Bagaimana pelaksanaan dan penerapan
Sistem Pengendalian Intern sistem penjualan berbasis android di YURIKE
3. Bagaimana cara menentukan besar
modal usana pada Sejahtera flowers yang sesuai dengan sistem sistem
penjualan berbasis android di YURIKE
4.
Masalah-masalah
yang timbul dalam pembayaran sistem penjualan pulsa berbasis android di YURIKE
1.3
Batasan Masalah
Dalam
melakukan perancangan dan membuat aplikasi ponsel berbasis Android ini hanya
dibatasi dari segi sistem informasi atau program aplikasinya saja. Selain itu,
aplikasi ponsel berbasis Android ini hanya digunakan untuk penjualan di
kios-kios eceran, khususnya kios Pulsa YURIKE, tidak untuk pada toko-toko
grosir besar. Untuk semakin menghindari meluasnya masalah yang akan dibahas,
maka batasan masalah yang akan dibahas yaitu:
1.
Aplikasi
ponsel berbasis Android yang dibuat adalah aplikasi untuk penjualan di
kios
eceran, khususnya kios pulsa YURIKE.
2.
Aplikasi
ponsel ini berfungsi sebagai pengganti kalkulator untuk menghitung total pembelian
dari pelanggan atau sebagai cash register sederhana tapi tidak memiliki
tombol standar untuk item
3.
Dengan
item baris pada aplikasi ponsel berbasis Android ini, user dapat
mengatur nama, stok,
4.
Aplikasi
ponsel berbasis Android ini mampu menghasilkan informasi berupa total pembelian
dan penjualan tiap harinya, tiap bulannya, atau rentang waktu tertentu
yang ditentukan sendiri oleh
pemilik kios.
5.
Aplikasi
ponsel berbasis Android ini dapat terintegerasi dengan printer untuk
mencetak
nota pembelian.
1.4
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian di atas, rumusan masalah yang akan dipecahkan adalah bagaimana merancang
dan membuat aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan di kios eceran,
khusunya kios pulsa YURIKE yang simpel, mudah digunakan, efektif, dan efisien. Aplikasi
ini selanjutnya bisa digunakan secara maksimal oleh para pemilik kios eceran,
khususnya kios pulsa YURIKE sehingga mampu meningkatkan kinerja mereka.
1.5
Tujuan Penelitian
Maksud
dari penyusunan proposal penelitian adalah sebagai syarat untuk menyelesaikan
Tugas
ke 3 & 4 mata kuliah bahasa indonesia 2
Adapun
tujuan penelitian ini yaitu:
1.
Membuat
aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan di kios eceran, khususnya kios
pulsa YURIKE.
2.
Mengatasi
masalah transaksi penjualan di kios eceran, khususnya kios pulsa YURIKE.
3.
Menerapkan
ilmu dan teori-teori selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata secara
praktis guna membantu mendukung kemampuan beraktualisasi dalam penerapan ilmu
di dunia nyata.
1.6
Manfaat Penelitian
Penelitian
ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemilik YURIKE untuk memudahkan
rekapitulasi penjualan yang dilakukanya setiap hari, diantara adalah :
1.
Mempermudah
pemilik kios eceran, khususnya kios pulsa YURIKE dalam melakukan transaski
penjualan.
2.
Mampu
menghasilkan informasi total tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan secara
cepat dan tepat.
3.
Mempermudah
pemilik kios eceran, khususnya kios pulsa YURIKE
untuk mengetahui total hasil
penjualannya tiap hari, tiap bulan, atau rentang waktu yang ditentukan sendiri
oleh pemilik kios.
4.
Mampu
meningkatkan kinerja pemilik kios eceran, khususnya kios pulsa YURIKE.
BAB 2
Landasan Teori
2.1
Android
Android merupakan sistem operasi ponsel yang tumbuh
di tengan sistem operasi lainnya yang berkembang dewasa ini. Sistem operasi lainnya
seperti Windows Mobile, IOS, Symbian, dan masih banyak lagi juga menawarkan
kekayaan isi dan keoptimalan berjalan di atas perangkat keras (hardware)
yang ada. Akan tetapi, sistem operasi yang ada ini berjalan dengan
memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat potensi yang
cukup besar dari aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, adanya keterbatasan
dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi
antar proses serta keterbatasan distribusi aplikasi pihak ketiga untuk platform
mereka.
Android menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda
untuk pengembang. Setiap aplikasi memiliki tingkatan yang sama. Android tidak membedakan
antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan
menawarkan akses ke hardware, maupun data-data ponsel sekalipun, atau data sistem
itu sendiri. Bahkan pengguna dapat menghapus aplikasi inti dan menggantikannya
dengan aplikasi pihak ketiga.
Sedangkan Android SDK (Software Development Kit)
menyediakan Tools dan API
yang
diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android dengan menggunakan
bahasa pemrograman Java.
2.2
Analisis Data
Analisa data dapat diartikan sebagai membandingkan
dua hal atau nilai variabel untuk mengetahui selisihnya atau rasionya, kemudian
diambil kesimpulannya atau menguraikan suatu keseluruhan menjadi bagian-bagian
atau komponen-komponen yang lebih kecil, agar dapat membandingkan salah satu
atau beberapa kkomponen dengan keseluruhan.
2.3
UML
Unified Modeling Language (UML) adalah merupakan sistem
arsitektur yang
bekerja
dalam OOAD (Object-Oriented Analysis Design) dengan satu bahasa yang
konsisten
untuk menentukan, visualisasi, mengkontruksi dan mendokumentasi artifact
(sepotong
informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses rekayasa
software,
dapat berupa model, deskrispi, atau software) yang terdapat dalam sistem
software.
UML merupakan bahasa pemodelan yang paling sukses dari tiga metode
Orientasi
Obyek yang telah ada sebelumnya yaitu :2
1.
Grady Booch OOD (Object-Oriented Design)
2.
Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Tecnique)
3.
Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering)
2.4 Konsep Dasar Basis
Data
Basis
data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan
satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi
dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi
dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan.
Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi,
karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
Penyusunan basis data meliputi proses memasukkan data kedalam media penyimpanan
data dan diatur dengan menggunakan perangkat Sistem Manajemen Basis Data (Database
Management System DBMS). Manipulasi basis data meliputi pembuatan pernyataan
(query) untuk mendapatkan informasi tertentu, melakukan pembaharuan atau
penggantian (update) data, serta pembuatan report data.
2.5
Bahasa Pemrograman Java
Java
merupakan bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi pada sistem operasi
Android. Oleh karena itu, untuk membangun aplikasi pada sistem operasi Android
diperlukan dasar tentang pemrograman Java. Java merupakan pemrograman berorientasi
objek. Oleh karena itu, setiap konsep yang akan diimplemenetasikan dalam Java
berbentuk dalam kelas. Kelas ini mendefinisikan objek-objek yang memiliki kesamaan
perilaku dan keadaan. Pada Java terdapat kumpulan kelas standar yang dikenal
dengan Application Programming Interface (API) Java, selain itu dapat
juga dideskripsikan kelas sendiri sesuai kebutuhan.
2.6
Hipotesis
Berdasakan
tinjauan pustaka atau kerangka pemikiran diatas, maka penulis
mencoba
untuk merumuskan hipotesis yang akan diuji kebenarannya hipotesis tersebut,
sebagai berikut:
h0
: program android penjualan di sejahtera flowers kurang efektif dan efisien.
h1
: program android penjualan di sejahtera flowers efektif dan efisien
BAB 3
Metodologi Penelitian
3.1 Jadwal & Waktu Penelitian
1.
Minggu
I: Persiapan / lokasi di rumah
2.
Minggu
II – IV: Pengumpulan data, pengolahan dan analisis data secara garis besar /
lokasi toko pulsa YURIKE
3.
Minggu
V – IX: Penyusunan laporan draf, mulai dari BAB I sampai dengan BAB V / lokasi di rumah & perpustakaan
4.
Minggu
X - XII: Laporan akhir / lokasi di rumah
3.2
Metode Penelitian
Langkah-langkah
dalam melakukan penelitian yang berjudul “Aplikasi Ponsel
Berbasis
Android untuk Penjualan pada Kios pulsa YURIKE” ini adalah:
1.
Pengumpulan data
Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah:
a.
Metode kearsipan
b.
Metode kepustakaan
c.
Metode wawancara
2.
Analisis
Mengidentifikasi
masalah, menganalisis kelemahan sistem, menganalisis
kebutuhan
informasi pemakai dengan metode analisis SWOT, kemudian membuat
laporan
hasil analisis.
3.
Perancangan aplikasi
Mendesain
aplikasi secara umum dan secara terperinci yang meliputi desain input,
desain
proses, output, dan desain basis data dengan menggunakan beberapa
tools
untuk Android Developer seperti JAVA SDK 1.6, Android SDK, Eclipse 3.5
(Galileo),
Eclipse ADT plugin, dan SQLite.
4.
Implementasi aplikasi
Melakukan
penulisan kode program (coding) untuk membangun aplikasi ponsel
Android.
3.3
Instrumen Penelitian
Dengan
cara melakukan survei kelapangan dengan menggunakan berbagai alat kendaraan
bermotor dan pada saat membuat program menggunakan notebook
Hp Pavilion G4 1318-TX, processor dengan spesifikasi Intel® Core ™ i3-2450M CPU
@2.50GHz, memori RAM 2GB dan hardisk . Software yang digunakan sistem operasi
Windows 7 Home Premium 32-bit dan software pengolah kata dengan Microsoft Word
2007.
3.4
Teknik Analisis Data
Analisa dapat diartikan
sebagai membandingkan dua hal atau nilai variabel untuk mengetahui selisihnya
atau rasionya, kemudian diambil kesimpulannya atau menguraikan suatu
keseluruhan menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen yang lebih kecil, agar
dapat membandingkan salah satu atau beberapa komponen dengan keseluruhan.
3.4.1
Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kebutuhan sistem
terdiri dari dua, yaitu:
1. Analisis Kebuthan
Fungsional
2. Analisis Kebutuhan Non
Fungsional
3.4.2
Analisis Kelayakan Sistem
3.4.2.1
Analisis Kelayakan Teknik
Kemudahan yang dihasilkan
oleh ponsel berbasis Android memungkinkan dibuatnya sebuah aplikasi untuk
penjualan pada kios eceran yang berguna untuk mempermudah penjual dalam
melakukan transaksi dengan konsumen serta dalam mengetahui pendapatan perbulannya.
3.4.2.2
Analisis Kelayakan Hukum
Aplikasi ponsel berbasis
Android untuk penjualan pada kios eceran ini memastikan tidak adanya kesalahan
dalam mengkalkulasikan barang yang dibeli konsumen ataupun kesalahan lain yang
bisa membawa pada tuntutan hukum
3.4.2.3
Analisis Kelayakan Ekonomi
Dengan penggunaan
aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan pada kios eceran ini mampu
menghemat biaya untuk membeli buku catatan, nota, pulpen, pensil, penghapus.
Selain itu tidak perlu memakai komputer desktop yang digunakan untuk transaksi
penjualan seperti yang ada pada toko-toko grosir, minimarket, atausupermatket.
Daftar Pustaka
Gramlich, N. 2010.
“Andbook!”. http://andbook.anddev.org/files/andbook.pdf. Diakses
tanggal 11 November 2011.
Hermawan S, Stephanus.
2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Penerbit Andi.
Mesran. 2009. Pengenalan
Komputer & Bahasa Pemrograman. http://www.stmikbudidarma.
ac.id/Download/D3%20-%20Algoritma%20&%20Pemrograman.pdf,
diakses tanggal 12
November 2011.
Raharja, Pribadi.. 2010.
Daftar-Daftar Simbol UML.
http://www.pribadiraharja.com/.../DAFTAR_SIMBOL.doc, diakses tanggal 11
November 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar